2 Destinasi Digital Juara ATF 2019 di Vietnam

2 Destinasi Digital Juara ATF 2019 di Vietnam

Juara ATF 2019

Wow! Kabar gembira datang dari Vietnam, dari ajang ATF 2019, yaitu ASEAN Tourism Forum. Destinasi Digital Pasar Karetan di Kendal Jateng dan Bangsring Underwater, di Banyuwangi, Jatim berhasil meraih awards Keduanya. Destinasi Digital (Desdig) Pasar Karetan dan Bangsring Underwater akan menerima penghargaan di level ASEAN, dalam kategori Community Based Tourism.

Juara ATF 2019

Pasar Karetan yang hanya buka pada setiap Minggu pagi, pukul 07.00 hingga 12.00 WIB ini oleh Menpar Arief Yahya dinamakan Destinasi Digital. Mengapa? Karena semua berawal dari komunikasi digital, dan dipromosikan secara digital di media sosial dan media digital. Customers Pasar Karetan berawal dari followers, friends, fans, dan subscriber dari masing-masing members GenPI. Makin lama makin meluas, makin viral, dan selalu membuat penasaran.

 Jawa Tengah

Jawa Tengah


Pasar itu didesain untuk tampil indah di kamera atau cameragenic, dan jika difoto layak menjadi bahan untuk diposting di media social. “Saya sering menyebut Instagramable!” jelas Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengenai hal ini. Karena sukses Pasar Karetan itu, Menpar Arief Yahya terus memperkuat GenPI dengan salah satu aktivitas offline-nya mencetak Destinasi Digital.

Winner ATF 2019

ATF 2019

Winner ATF 2019


Semua aktivitas itu dilakukan tanpa mengganggu kegiatan di Online, yang selalu mempromosikan Pariwisata Indonesia. "GenPI bisa menjadi kekuatan Media Sosial dan sekaligus Community Endorser,” lanjut Menpar Arief Yahya mengenai hal ini. Jadi, selamat ya buat Pasar Karetan di Kendal (Jateng) dan Bangsring Underwater di Banyuwangi (Jatim) atas awards ini.

Fantastis! Pionir Destinasi Digital (Desdig) di Indonesia, yaitu Pasar Karetan di Jawa Tengah, sukses di ajang ATF 2019, ASEAN Tourism Forum. Sore ini, 18 Januari 2019, Desdig yang dibangun oleh anak-anak muda Genpi Jateng itu menerima penghargaan level ASEAN, dalam kategori Community Based Tourism. Dua lokasi yang mendapatkan awards di ajang ini adalah Pasar Karetan di Kendal Jateng dan Bangsring Underwater, Banyuwangi, Jawa Timur.

Keduanya, Pasar Karetan dan Bangsring Underwater, sama-sama adalah destinasi yang ide dan pengelolaannya berbasis pada komunitas. Bedanya, Bangsring Underwater berada di pesisir atau tepi laut di Banyuwangi, yang punya kisah panjang dengan perdagangan ikan hias.
Sementara Destinasi Digital (Desdig) Pasar Karetan, berbasis pada komunitas digital GenPI, Generasi Pesona Indonesia.

Mereka adalah komunitas anak-anak muda netizen di Kota Semarang, yang dibina oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) ini hadir untuk mempromosikan Destinasi, Calendar of Events, dan Kebijakan Kepariwisataan. Semua kegiatan promosi yang dilakukan oleh GenPI ini dilakukan melalui akun-akun media sosial, dari berbagai platform.

Nah, Pasar Karetan ini adalah produk aktivitas offline dari Genpi Jateng, selain kegiatan digital online yang ada. Jadi, selamat nih untuk Pasar Karetan dan Bangsring Underwater atas prestasi yang diraih di tingkat ASEAN. Oya, kamu sudah pernah ke Destinasi Digital (Desdig) Pasar Karetan di Jawa Tengah dan Bangsring Underwater di Banyuwangi, Jawa Timur? 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment