Berburu Waktu Dengan Kemacetan Jalan

Berburu Waktu Dengan Kemacetan Jalan


Batuaji Batam

Pagi hari keluar rumah menuju ke tempat kerja, namun harus ditempuh dengan waktu yang panjang. Bukan karena jarak yang begitu jauh, namun harus berburu waktu dengan kemacetan jalan. 

Bicara kemacetan di Indonesia, Jakarta berada di urutan paling atas. Urutan ke dua adalah Surabaya. Batam!!! Dimana aku tinggal adalah kota yang masih jauh dari kata macet. Tapi beberapa tahun belakangan, Batam sudah sesak dan macet.

Pemerintah sudah mencoba memperlebar dan memperbesar jalan raya di banyak lokasi. Dan itu membuat Batam makin membaik dari infrastruktur. Terlihat kemajuan dari jalan raya yang di perlebar.

Namun masih ada di sisi lain yang sulit terlepas dari kata macet. Sistem buka tutup jalan yang membuat kendaraan yang melintas harus berjalan lambat. Kemacetan ini terjadi setiap pagi dan sore hari. Dimana jam-jam sibuk dan para pekerja pergi dan pulang.


Batuaji Batam

Dulu, aku tak pernah melalui dan merasakan kemacetan jalan di pagi hari. Sebab aktivitasku tidak menuntut untuk pergi pagi pulang sore. Aktifitasku tidak terikat ruang dan waktu.

Belakangan, pagi hari aku harus berjibaku dengan berburu waktu ke tempat kerja. Aktifitas pagi yang melelahkan. Jika waktu normal jarak yang dibutuhkan hanya 20 menit saja sudah sampai.
Kala pagi hari bisa menjadi 1 jam, lama perjalanan. Ya!! Macetnya jalan yang menyebabkan jarak dan waktu jadi lama.


Batuaji Batam

Mengapa kamacetan jalan bisa terjadi di pagi dan sore hari?? Di Batam ada beberapa titik kawasan industri. Dimana para pekerja datang dan pulang, di pagi dan sore hari. Di titik-titik ini sering terjadi kemacetan. Tapi ada satu titik dimana kemacetan sangat parah. Jalanan antara Batuaji ke Panbil. 

Muka Kuning adalah kawasan industri terbesar di Batam. Di sana terdapat ratusan PT industri elektronik. Ada ribuan pekerja yang datang dan pulang silih berganti. Belum lagi yang bekerja di kawasan industri Batam Center, perjalanan yang ditempuh melalui jalur Batuaji ke Panbil, begitu sebaliknya.

Batuaji Batam

Batuaji wilayah yang sangat padat penduduknya. Wilayahnya juga sangat luas. Jalur Batuaji Panbil bukanlah satu-satunya, menuju keluar wilayah. Melalui jalur Batuaji Tiban juga bisa, tapi jalur itu sangat jauh, sehingga jalan yang dilalui memutar. Meski jalanan ini sepi, tapi bukan pilihan untuk pekerja. Yah berburu waktu dengan kemacetan jalan menjadi aktifitas yang harus dihadapi.

Lelah, sudah biasa!!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment