Luti Gendang, Makanan Melayu Kepri dari Anambas.

Luti Gendang, Makanan Melayu Kepri dari Anambas.

Kuliner Melayu Kepri

Luti Gendang, makanan Melayu Kepri dari Anambas. Belakangan menjadi favorit dan menjadi oleh-oleh dari Batam. Ada yang tidak tau makanan ini berasal dari mana sehingga menyebut bahwa Luti Gendang makanan khas Batam. Klaim ini dibantah dan membuat masyarakat Anambas marah. Tak terima dengan pernyataan di atas, masyarakat Anambas pun protes.

Guys, Luti gendang adalah makanan daerah yang diangkat menjadi makanan Melayu Kepri. Meski sekarang marak, luti gendang dijadikan oleh-oleh dari  Batam. Bukan berarti makanan ini adalah makanan khas Batam. 

 

Luti Gendang dahulu berasal dari kata luti ghadong, yang artinya Roti Goreng. Karena diangkat menjadi makanan khas Melayu Kepri, maka bahasa Arab yang menempel pada nama gadong, diganti menjadi gendang. Selain itu juga bentuknya seperti gendang yang bulat memanjang.

Satu lagi makanan dari Anambas yang diangkat menjadi makanan khas Melayu Kepri, yakni Mie Tarempak. Mie Tarempak adalah mie Goreng yang campur bumbu-bumbu dan ikan tuna yang disuwir halus. Ikan Tuna menjadi bahan campuran yang sangat berasa dan menambah nikmat dari mie Goreng Tarempak. Mie yang digunakan pun mie gepeng yang lebih besar dan pipih beda dari mie kuning biasa. Ada dua pilihan menikmati mie Tarempak ini,  mau yang digoreng atau yang berkuah. 

Dua makanan di atas mulai dikenal luas di Batam. Tapi bukan berarti kedua makanan itu makanan khas Batam. Lebih jelas adalah makanan khas Melayu Kepri. Batam bagian dari Kepri (Kepulauan Riau) yang lebih dikenal dan lebih maju sebagai kota Megapolitan. Yang mana geliat kehidupan sangat maju, karena memang dirancang sebagai kota yang menjadi luapan dari negeri Jiran Singapore. Jadi Batam adalah Kepri, tapi Kepri bukan hanya Batam. 

Ada banyak daerah yang termasuk dalam lingkaran Kepri. Tanjungpinang adalah ibu kota dari Kepulauan Riau (Kepri). Batam, Tanjung Balai Karimun, Bintan, Anambas dan juga Natuna adalah termasuk bagian wilayah Kepri. 

Ada sekitar 2500an pulau di seluruh Kepri, sebagian berpenghuni, dan sebagian tidak. Jadi buat para traveller yang datang ke Batam, bisa nih mencicipi dua makanan khas Melayu Kepri nun jauh di Anambas. Walau belum sampai ke Anambas dan Tarempak. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment