Inilah 10 Icon Kuliner Melayu Kepri

Inilah 10 Icon Kuliner Melayu Kepri


Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri

Kepri (kepulauan Riau) memiliki ribuan pulau-pulau. Bahkan daratan hanya sekitar 6% saja dibandingkan lautan 94%. Itu sebab nama yang diambil Kepulauan Riau. Hal ini juga banyak menimbulkan salah paham bagi banyak orang. Nama Riau yang tersemat membuat mereka berfikir bahwa Kepulauan Riau adalah Riau yang berada di Pekanbaru. Nama Riau sendiri banyak terdapat di Kepulauan Riau, sementara di Riau-Pekanbaru tidak ada sama sekali nama wilayahnya yang menggunakan kata Riau, disana. Baca juga

Oke, kita tinggalkan pembahasan tentang Kepri. Sabtu 23 juni 2018 di Harris Hotel Batam, telah dilaksanakan Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri. Adalah ICA (Indonesian Chef Association) organisasi para Chef yang menggagas acara ini. Sebagai wujud misi mereka yang ingin mengangkat masakan nusantara di daerah masing-masing, untuk dapat masuk di menu masakan Hotel-hotel.

10 Icon kuliner melayu yang diumumkan ICA, mewakili ratusan menu-menu masakan melayu yang ada di Kepri. Masih banyak menu yang belum mereka umumkan, setidaknya ini langkah awal mereka mengangkat masakan khas melayu. Bekerja sama dengan Pemerintah yang juga sedang menggaungkan Pariwisata, kuliner juga menjadi bagian yang penting dari rangkaian wisata, yakni wisata kuliner. 

Hadir sebagai tamu undangan dari Dinas Pariwisata Kota Batam. Dinas Pariwisata Tanjungpinang, Dari Wali Kota Batam yang di wakili oleh Bu Marlin. Perwakilan HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Kepri. Juga hadir Ambasador dari ICA pusat yakitu Chef Juna, Huuuu siapa yang tak mengenal dirinya. Masing-masing menyampaikan pendapat dan dukungannya untuk Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu Kepri.

Penetapan 10 Icon Kuliner Melayu

Chef Juna yang hadir menyampaikan bahwa ICA memiliki 2 misi yang utama dan salah satunya adalah mengangkat masakan nusantara masuk dalam menu di Hotel-hotel di daerah masing-masing. Dengan banyaknya anggota ICA yang juga sebagai Chef di hotel-hotel, hal ini diharapkan memudahkan misi ini berjalan dengan baik.

Inilah 10 Icon Kuliner Melayu Kepri itu
  1. Otak- otak
  2. Luti Gendang
  3. Lakse
  4. Sotong Masak Hitam
  5. Nasi Dagang Komplit
  6. Mie Lendir
  7. Roti Kirai/Jala
  8. Gulai Siput
  9. Epok-epok
  10. Ikan Asam Pedas
Kuliner Melayu Luti Gendang
Luti Gendang bisa jadi oleh-oleh dari Batam

Kuliner Melayu Gulai Siput
Gulai Siput yang Yummy

Kuliner Melayu Kepri Roti Kirai
Roti Kirai / Jala


Beberapa nama Mungkin tak asing didengar, sebab di beberapa daerah juga ada menu serupa. Seperti Roti Kirai/Jala juga ada di Medan Sumatra Utara. Otak-otak juga ada di daerah lain. Gulai Siput di Padang Sumatra Barat pun demikian ada. Mie lendir pun ada di beberapa kota. Sementara yang sangat khas dari Kepri tak tersebut, yaitu Laksana Mengamuk, Mie Tarempak, Soup Ikan dan lain lainnya. Dari wilayah Natuna Kuliner khasnya tak tersebut, begitu pun wilayah lainnya. Setidaknya mewakili Kepri, tiap wilayah tersebut Kuliner khasnya.


Chef Juna
Chef Juna demo memasak Ikan Asam Pedas

Hanya koreksi sedikit dari apa yang telah dilakukan ICA Kepri. Dengan variasi menu yang beragam dan berbeda-beda membuat Chef Juna menyatakan salut. Selanjutnya Chef Juna melakukan demo memasak Ikan Asam Pedas, didampingi Ibu Marlin dan Chef Deni dengan beberapa tips-tips mengolah ikan. Chef Juna juga menjawab pertanyaan dari media dan tamu yang hadir. Akhir acara juga SMT Scool merayakan anniverserynya yang pertama. Sah sudah 10 Icon Kuliner Melayu di atas sebagai masakan melayu Kepri.

Kuliner Melayu Kepri

Previous
Next Post »
Thanks for your comment